Iklan

iklam

Thursday, 16 May 2013

Bahaya Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus adalah ancaman serius bagi kesehatan kerena perkembangannya bertahap dan komplikasi yang ditimbulkannya sangat berbahaya. tidak heran jika masyarakat mengenalnya sebagai pembunuh diam-diam (the silent killer). berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan diabetes mellitus.

Amputasi

Diabetes adalah penyebab amputasi anggota tubuh bagian bawah kedua teratas setelah kecelakaan. risiko amputasi tungkai adalah 15-40 kali lebih besar pada seseorang yang menderita diabetes dibandingkan mereka yang normal.

Kebutaan (retinopathy)

Diabaetes adalah penyebab utama kasus-kasus baru kebutaan orang dewasa yang berusia antara 20-74 tahun.

Komplikasi pada Kehamilan

Kontrol yang kurang aik pada diabetes sebelum pembuahan dan selama trimester pertama kehamilan dapat menyebabkan cacat bawaan utama pada tingkat 5-10% kehamilan dan menyebabkan keguguran sampai 15-20%. diabetes yang kurang dikontrol selama trimester kedua dan ketiga kehamilan dapat berakibat besarnya berat bayi yang dikandung dan menimbulkan risiko bagi ibu dan bayi.

Penyakit gigi

Hampir sepertiga jumlah penderita diabetes mempunyai penyakit periodental yang berat dengan bergesernya jarak antara gigi dan gusi sekitar 5 mm atau lebih.

Penyakit Jantung dan Stroke

Kemungkinan penderita diabetes menderita penyakit jantung atau mengalami stroke adalah dua samapai mepat kali lebih besar. penyakit jantung adalah penyebab utama kematian yang berhubungan dengan diabetes.

Kerusakan ginjal (nephropathy)

Diabetes adalah penyebab utama penyakit ginjal, terhitung sampai 43% dari seluruh kasus ginjal yang baru.

Kerusakan saraf (neuropathy)

Enampuluh sampai tujuh puluh persen penderita diabetes menderita kerusakan saraf ringan sampai berat, dan merupakan faktor terbesar penyebab diamputasinya anggota gerak tubuh bawah.

Penyakit Kanker

Penderita diabetes memiliki resiko untuk menderita beragam jenis kanker, seperti kanker pada usus besar, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker endometrial.

Kerusakan fungsi sel darah putih menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur


Meningkatkan resiko terbentuknya infeksi berbahaya dari luka terbuka


Penuaan dini


Melemahnya daya ingat

0 comments:

Post a Comment