Iklan

iklam

Wednesday 15 May 2013

Gejala Diabetes Mellitus

Gejala adalah hal-hal yang dirasakan dan dikeluhkan penderita, sedangkan tanda-tanda berarti keadaan yang dapat dilihat pada pemeriksaan badan.
  • Sering sekali buang air kecil dengan volume yang banyak (poliuria), yaitu lebih sering daripada biasanya, apalagi malam hari.kadar gula darah yang berlebihan akan dikeluarkan melalui urin. akibat tingginya kadar glukosa darah, penderita merasa ingin buang air terus dan dalam volume urin yang banyak.
  • Sering kali merasa haus dan ingin minum sebanyak-banyaknya (polidipsia).makin banyak urin yang dikeluarkan, tubuh makin kekurangan air. akibatnya, timbul rasa haus dan ingin minum trus.
  • Nafsu makan meningkat (polifagia) dan kurang tenaga. Kadar glukosa yang tidak masuk ke dalam sel, menyebabkan timbulnya rangsangan kedalam otak untuk mengirim pesan rasa lapar. akibatnya penderita semakin sering makan. kadar glukosa pun semakin tinggi, tetapi tidak seluruhnya dapat dimanfaatkan tubuh karena tidak bisa masuk ke sel tubuh.
  • Berat badan turun dan menjadi kurus.Gejala awalnya adalah berat badan menurun dalam waktu relatif singkat. selain itu, sering merasa lemas\h, lesu dan tidak bergairah. hal itu disebabkan glukosa yang merupakan sumber energi dan tenaga tubuh, tidak dapat masuk kedalam sel. oleh karen itu, sumber energi akan diambil dari cadangan lemak dan dari hati. jika dipakai terus-menerus cadangan energi dari lemak dan hati akan berkurang. akibatnya, badan semakin kurus.
  • Jumlah glukosa besar. Jumlah glukosa yang besar dalam urin dapat menyebabkan iritasi genital akibat infeksi jamur.
  • Lensa mata berubah. Bentuk lensa mata sedikit berubah dan mengaburkan penglihatan untuk sementara waktu.
  • Luka sulit sembuh. Jika terjadi luka pada penderita akan sangat sulit sekali untuk sembuh. hal ini berhubungan dengan sistem kekebalan pada tubuh penerita diabetes yang cenderung menurun.

1 comment:

  1. "powered by blogger" "kata kunci" -"ace maxs" -"jelly gamat" -"green world"

    ReplyDelete