Iklan

iklam

Thursday 9 May 2013

DM tipe I (DM tergantung Insulin/ SMTI) = Insulin Dependent DM/IDDM.

DM tipe I (DM tergantung Insulin/ SMTI) = Insulin Dependent DM/IDDM.

Kelompok ini adalah penderita penyakit DM yang sangat tergantung pada suntikan insulin. Kebanyakan penderitanya masih mudah dan tidak gemuk. Gejala biasanya timbul pada masa anak-anak dan puncaknya pada usia akil balik. Begitu penyakitnya terdiagnosa, penderita langsung memerlukan suntikan insulin karena pankreasnya sangat sedikit atau sama sekali tidak membentuk insulin. Umumnya penyakit berkembang ke arah ketoasidosis diabetik yang menyebabkan kematian.
Tipe ini disebabkan oleh kerusakan sel beta pankreas sehingga terjadi kekurangan insulin absolut. IDDM umumnya diderita oleh orang-orang di bawah umur 30 tahun, dan gejalanya mulai tampak pada usia 10-13 tahun.
Penyebab IDDM belum begitu jelas, tetapi diduga kuat disebabkan oleh infeksi virus yang menimbulkan auto imun yang berlebihan untuk menumpas virus. Akibatnya sel-sel pertahanan tubuh tidak hanya membasmi virus, tetapi juga merusak sel0sel langerhans. Faktor-faktor keturunan juga menjadi faktor penyebab. Jumlah penderita IDDM sekitar 10-20% dari total penderita diabetes.
Penderita IDDM tergantung pada terapi insulin dan tidak dianjurkan mengkonsumsi obat antidiabetik oral. Penderita IDDM tidak dapat disembuhkan dan tergantung pada injeksi insulin selama hidupnya. IDDM juga dapat muncul dari diabetes tipe II (NIDDM) jika obat antidiabetika oral sudah tidak mampu lagi menurunkan kadar gula darah pasien. Dalam hal ini penderita harus diinjeksi insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darahnya.

0 comments:

Post a Comment