Iklan

iklam

Monday 13 May 2013

DM tipe II (DM tidak tergantung insulin/DMTTI) = non-insulin dependent DM = NIDDM)


DM tipe II (DM tidak tergantung insulin/DMTTI) = non-insulin dependent DM = NIDDM)

Kelompok diabetes Mellitus tipe II tidak tergantung insulin. Kebanyakan timbul pada penderita berusia diatas 40 tahun. Penderita DM tipe II inilah yang terbanyak di Indonesia. Data sementara menyebutkan, hampir 90% penderita diabetes diindonesia adalah penderita NIDDM dan umumnya disertai dengan kegemukan. Pengobatannya diutamakan dengan perencanaan menu makanan yang baik dan latihan jasmani secara teratur penyakit eratur. Pankreas relatif cukup menghasilkan insulin, tetapi insulin yang ada bekerja kurang sempurna karena adanya resistensi insulin akibat kegemukan. Penyakit DM tipe Iibiasanya dapat terkendali dengan menurunkan obesitas. Obat semacam oral hipeglikemik dan suntikan insulin kadang menjadi kebutuhan bagi penderita tipe ini.

Pada pasien NIDDM yang tidak menderita kegemukan, insulin yang dihasilkan memang kurang mencukupi untuk mempertahankan kadar glukosa darah dalam batas-batas normal. Untuk itu, selain memerlukan perencanaan makan dan latihan jasmani secara teratur, mereka juga membutuhkan obat hipoglikemik. Bagi penderita yang sudah kronis, penurunan kadar gula darah harus dibantu dengan injeksi insulin.

Secara medis dapat dikatakan diabetes mellitus tipe ini disebabkan oleh gangguan sekresi insulin yang progresif karena resistensi insulin. NIDDM diduga disebabkan oleh faktor genetis dan di picu oleh pola hidup yang tidak sehat, tetapi munculnya terlambat. Dengan pola hidup modern saat ini, prevalensi NIDDM semakin meningkat dengan penderita di bawah 40 tahun. Proses penuaan juga menjadi penyebab akibat penyusutan sel-sel beta yang progresif sehingga sekresi insulin semakin berkurang dan kepekaan reseptornya turut menurun. Penyebab lain diduga akibat infeksi virus sewaktu muda.

DM tipe II dibagi lagi menjadi dua :

1. penderita tidak gemuk (non-obese)

2. Penderita gemuk (obese)

0 comments:

Post a Comment